Jumat, 05 September 2014

Materi Kuliah Pengantar Ilmu Antropologi STIA Prima Skg

MATERI KULIAH PENGANTAR ILMU ANTROPOLOGI
Hafiz Elfiansya Parawu, ST. M.Si.

Pokok Bahasan: (1) Pengertian & Ruang Lingkup Antropologi; (2) Masyarakat;             (3) Kebudayaan; dan (4) Hubungan Masyarakat dengan Kebudayaan.

1.  Pengertian & Ruang Lingkup Antropologi
Pengertian
Antropologi berasal dari bahasa  Yunani “anthropos” yang berarti manusia dan “logos” yang berarti ilmu, dengan demikian Antropologi berarti ilmu tentang manusia.
Antropologi merupakan studi tentang umat manusia yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya, dan untuk memperoleh pengertian ataupun pemahaman yang lengkap tentang keanekaragaman manusia (Haviland, 1999: 7; Koentjaraningrat, 1987: 1-2).
Jadi, Antropologi merupakan ilmu yang berusaha mencapai pengertian atau pemahaman tentang makhluk manusia dengan mempelajari aneka warna bentuk fisiknya, masyarakat, dan kebudayaannya.
Objek Kajian
Objek kajian ilmu Antropologi, mempelajari: (1) Masalah asal dan perkembangan manusia atau evolusinya secara biologis; (2) Masalah terjadinya aneka ragam ciri fisik manusia; (3) Masalah terjadinya perkembangan dan persebaran aneka ragam kebudayaan manusia;     (4) Masalah asal perkembangan dan persebaran aneka ragam bahasa yang diucapkan di seluruh dunia; dan (5) Masalah mengenai asas-asas dari masyarakat dan kebudayaan manusia dari aneka ragam suku bangsa yang tersebar di seluruh dunia masa kini.
Pembagian Antropologi
Secara makro ilmu Antropologi dapat dibagi ke dalam 2 (dua) bagian, yakni:               (1) Antropologi fisik; dan (2) Antropologi budaya.
Antropologi fisik mempelajari manusia sebagai organisme biologis yang melacak perkembangan manusia menurut evolusinya, dan menyelidiki variasi biologisnya dalam berbagai jenis (species).
Antropologi budaya memfokuskan perhatiannya pada kebudayaan manusia ataupun cara hidupnya dalam masyarakat.
Pendekatan dan Metode Penelitian Antropologi
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian Antropologi, yaitu:                 (1) Pendekatan kuantitatif (positivistik); (2) Pendekatan kualitatif (naturalistik);             (3) Pendekatan relativistik; dan (4) Pendekatan komparatif.
Metode penelitian Antropologi, yaitu: (1) Deskriptif; (2) Komparasi; (3) Studi kasus;     (4) Etnografis; dan (5) Survey.


DISKUSI KELOMPOK
JUDUL MAKALAH:
KLP I    : FASE-FASE PERKEMBANGAN ANTROPOLOGI
KLP II   : HUBUNGAN ANTROPOLOGI DENGAN ILMU-ILMU LAIN
KLP III  : ANTROPOLOGI FISIK DAN ANTROPOLOGI BUDAYA
KLP IV  : PENDEKATAN DAN METODE PENELITIAN ANTROPOLOGI
            
SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH
SAMPUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I    : PENDAHULUAN            (Maks. 2 hal.)
A.   Latar Belakang
B.    Rumusan Masalah
C.   Tujuan Penulisan
BAB II  : PEMBAHASAN              (Maks. 7 hal.)
BAB III : KESIMPULAN                (Maks. 1 hal.)
DAFTAR PUSTAKA

Kertas          : A4
Margin         : 4-4-3-3
Huruf           : Times New Roman
Spasi           : 2



HAFIZ ELFIANSYA PARAWU
HP. 082 193 523 617
Website: lautanilmu77.blogspot.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar