Rabu, 10 September 2014

JK: "PT wadah untuk mencetak SDM yang unggul"

JK: “PT wadah untuk mencetak SDM yang unggul”


Hafiz Elfiansya Parawu, ST. M.Si.

Dosen STIA Puangrimaggalatung Sengkang &
Mahasiswa S3 Administrasi Publik UNM Tahun 2012

Tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar atas kehadiran Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia Terpilih, DR. HC. H. M. Jusuf Kalla dalam Kegiatan Silaturrahim dan Kuliah Tamu dengan tema “Revolusi Mental dalam Mewujudkan SDM yang Berkarakter” di Menara Iqra’ Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar pada hari Rabu tanggal 10 September 2104.


Acara diawali dengan lantunan lagu “Indonesia Raya” dan “Mars Muhammadiyah” yang begitu semarak dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang begitu syahdu serta beberapa sambutan lainnya hingga tiba pada acara inti kuliah umum yang dibawakan oleh Bapak Jusuf Kalla.


Dalam kuliah umumnya, JK menyampaikan apresiasi yang begitu tinggi akan meningkatnya kuantitas mahasiswa Unismuh Makassar dari tahun ke tahun. Namun hal ini, tentu juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas SDMnya. Muhammadiyah, khususnya Unismuh Makassar harus terus menjalankan kegiatan fastabiqul khaerat, salah satunya dengan jalan mencetak SDM yang unggul. Perguruan Tinggi, khususnya Unismuh Makassar merupakan wadah yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut, dan di sinilah letak tantangan bagi seluruh PT untuk menempa dan menghasilkan SDM-SDM yang unggul dan berkarakter, tegas JK.


Menurut JK, ada dua hal utama yang harus dilakukan oleh PT saat ini, pertama adalah dengan tidak henti-hentinya melakukan inovasi dalam bidang pendidikan dan yang kedua adalah menyiapkan dan menciptakan alumni yang memiliki kemampuan tinggi untuk dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan negara ini.
Lanjut JK, mutu pendidikan di PT harus terus ditingkatkan, hal ini menurutnya hanya dapat terwujud bila ada dedikasi dan pengabdian yang tinggi dari para dosen, adanya mahasiswa yang berpengetahuan dan berperilaku baik, dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang terus dipacu di PT tersebut.


Di akhir kuliah umumnya, JK mengingatkan agar kita selalu berbuat baik di dunia ini sebagai bekal nantinya di akhirat kelak dan juga agar kita semua dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang berbekal pengalaman dan pembelajaran yang bermanfaat dan berguna bagi orang banyak. (hfz)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar