Jumat, 12 September 2014

Mati lampu di BPN Kota Makassar

Mati lampu, pelayanan di BPN Kota Makassar
sempat terhenti

Masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik pastinya memiliki kebutuhan dan harapan pada kinerja penyelenggara pelayanan publik yang profesional. Sehingga, sudah menjadi tugas Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk memberikan pelayanan publik yang mampu memuaskan masyarakat. Hal ini tak terkecuali juga bagi BPN Kota Makassar. Sebagai satu-satunya institusi yang memiliki kewenangan untuk melaksanakan tugas Pemerintah Daerah di bidang pertanahan, maka BPN Kota Makassar harus senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pelayanan di bidang pertanahan, salah satunya dengan melaksanakan inovasi-inovasi layanan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Beberapa terobosan inovasi layanan berbasis TIK yang telah dilakukan oleh BPN Kota Makassar di antaranya adalah komputerisasi layanan pertanahan dan layanan non tunai (E-Chanel). Layanan 1 hari selesai (one day service) dan layanan cepat (quick service) tentu juga tidak terlepas dari peran pelayanan berbasis TIK ini. Namun, apalah daya berbagai inovasi layanan berbasis TIK ini tanpa dukungan tenaga listrik yang mumpuni. Ketika arus listrik dari PLN mati, tentu saja seluruh layanan berbasis TIK ini akan terhenti, yang berarti terhentinya pula proses pelayanan kepada masyarakat. Hal inilah yang terjadi di BPN Kota Makassar pada hari Jumat, 12 September 2014 sekitar pukul 10 pagi. Mati lampu sekitar 20 menit ini sebenarnya dapat saja dihindari andai saja mesin genzet di BPN Kota Makassar tidak dalam kondisi rusak. Semoga dengan terjadinya kejadian ini, pihak BPN Kota Makassar dapat menyadari dampak negatif hal ini pada pelayanan publik yang diselenggarakan, sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanannya di hari-hari kemudian.
Selain penyiapan genzet sebagai tenaga listrik pengganti ketika arus listrik PLN padam, hal lain yang harus dibenahi adalah pada bagian layanan informasi, di mana petugas informasi yang ditugaskan di bagian ini masih harus ditambah jumlah personilnya, karena masih kerap didapati adanya beberapa pengguna (masyarakat) yang harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, jumlah tempat duduk bagi pengunjung juga perlu ditambah, karena masih terlihat beberapa orang yang terpaksa berdiri karena tidak mendapat fasilitas tempat duduk.   
Namun, di balik beberapa kekurangan yang ada, kita juga harus mengakui bahwa kualitas pelayanan publik di BPN Kota Makassar sudah jauh lebih baik dibanding beberapa tahun yang lalu. Mulai dari personil layanan informasi yang cekatan dan ramah dalam membantu segala permasalahan masyarakat di bidang pertanahan, berbagai format isian yang tersedia di KPN Bhumi Bhakti dengan harga terjangkau, komputerisasi layanan pertanahan yang tentu saja sangat membantu dalam mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat, hingga tersedianya smoking room di pojok ruangan bagi pengunjung yang ingin merokok. Terobosan layanan publik yang juga harus diacungi jempol adalah dengan adanya layanan SMS informasi pertanahan “2409”, sehingga masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi di bidang pertanahan selama 24 jam hanya dengan biaya Rp.350,-/ SMS. Dan terobosan inovasi yang tak kalah hebatnya pula adalah dengan adanya layanan non tunai (E-Chanel), di mana pihak BPN Kota Makassar telah menyiapkan dua mesin ATM untuk proses pembayaran langsung melalui transfer ke rekening bendahara BPN, sehingga praktek “pungli” dapat dipangkas.
Masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik, khususnya yang terkait dengan bidang pertanahan, tentu saja sangat bersyukur atas peningkatan kualitas pelayanan publik yang telah dilakukan oleh pihak BPN Kota Makassar, dan berharap pihak BPN Kota Makassar akan terus membenahi segala kekurangan yang ada saat ini dan terus meningkatkan kualitas pelayanan publiknya di kemudian hari, agar masyarakat semakin mudah dan cepat terlayani sehingga dapat mengurus langsung keperluannya tanpa memakai jasa calo atau perantara lagi. (hfz)   
Layanan informasi BPN
KPN BPN



SMS BPN
Ruang tunggu BPN Kota Makassar
 
ATM BPN
Smoking room BPN Kota Makassar
Komputerisasi layanan pertanahan









Tidak ada komentar:

Posting Komentar